SILABUS DAN RPP
Silabus dan RPP
Pengertian Silabus dan Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
1.
Pengertian
Silabus
Istilah silabus dapat didevinisikan sebagai “garis
besar, ringkasan, atau pokok-pokok isi atau materi pelajaran”. Silabus
digunakan untuk menyebut suatu produk pengembangan kurikulum berupa penjabaran
lebih lanjut dari standart kompetensi dan kemampuan dasar yang ingin dicapai,
dan pokok-pokok serta uraian materi yang perlu dipelajari siswa dalam mencapai
standart kompetensi dan kemampuan dasar.
Silabus
adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran dengan tema
tertentu, yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi
pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar yang
dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan.
2. Pengertian Rencana
Pelaksanaan Pembelajar
Rencana yang menggambarkan prosedur dan manajemen
pembelajaran untuk menecapai satu atau lebih kompetensi dasar yang ditetapkan
dalam Standar Isi dan di jabarkan dalam silabus.
Prinsip Pengembangan Silabus dan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
1. Prinsip
Pengembangan Silabus
Pengembangan Silabus diserahkan sepenuhnya kepada
setiap satuan pendidikan, khususnya bagi yang sudah mampu melakukannya. Oleh
karena itu, setiap satuan pendidikan di beri kebebasan dan keleluasaan dalam
mengembangkan silabus sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing. Agar
pengembangan silabus yang dilakukan oleh setiap satuan pendidikan tetap berada
dalam bingkai pengembangankurikulum nasional, maka perlu memerhatikan
prinsip-prinsip pengembangan silabus, yang meliputi :
a. Ilmiah
Pengembangan silabus berbasis KTSP harus dilakukan
dengan prinsip ilmiah, yang mengandung arti bahwa keseluruhan materi dan
kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus harus benar, logis dan dapat
dipertanggung jawabkan secara keilmuan.
b. Relevan
Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan
penyajian dalam silabus sesuai atau ada keterkaitan dengan tingkat perkembangan
fisik, intelektual, sosial, emosional dan spiritual peserta didik.
c. Sistematis
Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara
fungsional dalam mencapai kompetensi.
d. Konsisten
Adanya hubungan yang konsisten antara kompetensi
dasar, indikator, materi pokok, pengalaman belajarr, sumber belajar dan sistem
penilaian.
e. Memadai
Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar,
sumber belajar dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi
dasar.
f. Aktual dan
Kontekstual
Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman bekajar,
sumber belajar dan sistem penilaian memerhatikkan perkembangan ilmu, teknologi
dan seni mutakhir daalm kehidupan nyata, dan peristiwa yang terjadi.
g. Fleksibel
Keseluruhan komponen silabus dapat mengakomodasi
keragaman peserta didik, pendidik, serta dinamika perubahan yang terjadi di
sekolah dan tuntutan masyarakat.
h. Menyeluruh
Komponen silabus mencakup keseluruhan ranah kompetensi
(kognitif, afektif, psikomotor).
2. Prinsip Pengembangan
RPP
Pengembangan rencana
pelaksanaan pembelajaran harus memperhatikan perhatian dan karakteristik
peserta didik terhadap materi standart yang dijadikan bahan kajian.
Terdapat beberapa
prinsip yang harus diperhatikan dalam pengembangan RPP, yakni :
a. kompetensi yang
dirumuskan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran harus jelas, makin konkrit,
kompetensi makin mudah di amati, dan makin cepat kegiatan-kegiatan yang harus
dilakukan untuk membentuk kompetensi tersebut.
b. Rencana pelaksanaan
pembelajaran harus sederhana dan fleksibel, serta dapat dilaksanakan dalam
kegiatan pembelajaran, dan pembentukan kompetensi peserta didik.
c. Kegiatan
disusun dan di kembangkan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran harus
menunjang, dan sesuai dengan kompetensi dasar yang akan diwujudkan.
d. Rencana pelaksanaan
pembelajaran yang dikembangkan harus utuh dan menyeluruh, serta jelas
pencapaiannya.
e. Harus ada
koordinasi antar komponen pelaksana program disekolah, terutama apabila
pembelajaran dilaksanakan secara tim atau dilaksanakan di luar kelas, agar
tidak mengganggu jam-jam pelajaran pembelajaran.
Perbedaan Silabus dan RPP
Ø Dalam Silabus untuk menyebut suatu produk
pengembangan kurikulum berupa penjabaran lebih lanjut dari standart
kompetensi dan kompetensi dasar yang ingin dicapai dan pokok-pokok serta
uraian materi yang perlu dipelajari siswa dalam mencapai standar kompetensi dan
kompetensi dasar.
·
Dalam silabus tidak ada langkah-langkah pembelajaran
·
Silabus dibuat untuk satu semester.
Ø RPP yang menggambarkan prosedur dan managemen
pembelajaran untuk mencapai satu atau lebih kompetensi dasar yang ditetapkan
dalam standar isi dan dijabarkan dalam isi silabus.
·
Dalam RPP terdapat langkah-lamgkah pembelajaran.
· RPP
dibuat dalam satu pertemuan / BAB
Ø Adapun tujuan dari silabus dan RPP, yakni :
· Agar
pembelajaran yang dilakukan lebih terstruktur.
· Yang
dijadikan patokan adalah Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
tersebut.
Ø Dan yang dijadikan patokannya adalah silabus
karena silabus dibuat terlebih dahulu dari pada RPP.
Ø Adapun kelebihan dalam silabus dan RPP,
seharusnya silabus dan RPP dibuat dengan baik dan terperinci. Sehingga tujuan
dalam pembelajaran dapat tercapai.
CASINOS ONLINE RESORT & GOLF | JTM Hub
BalasHapusCASINO RESORT & GOLF, 남양주 출장마사지 MI. 12382 US. Get directions. ( MI. 논산 출장안마 6382) 638-7777. www.casinotopsonline.com CASINOS 계룡 출장마사지 ONLINE RESORT 경기도 출장샵 & GOLF, 안동 출장마사지 MI.